Sabtu, 12 Februari 2011

TKW Asal Sigi Sakit Jiwa

0 comments
 

Palu -- Merry, tenaga kerja wanita asal Sigi, Sulawesi Tengah, kini dirawat di Rumah Sakit Jiwa Mamboro, Palu, karena mengalami gangguan jiwa. Perempuan 24 tahun itu mengalami kondisi seperti itu akibat disiksa majikannya selama tiga bulan di negeri jiran Malaysia. Selain oleh majikan, korban mengaku disiksa agen yang memberangkatkannya, Elkarim.

Merry bersama ratusan tenaga kerja wanita dideportasi pemerintah Malaysia tanpa alasan jelas. Merry dipulangkan ke Jakarta dengan kapal air sekitar Oktober 2009. Sesampainya di Tanah Air, ia langsung dibawa ke salah satu rumah sakit jiwa di Jakarta. "Waktu kami temui di pelabuhan, kondisi Merry dan tiga rekannya sangat parah," kata Vensesia, salah seorang pengurus Yayasan Peduli Buruh Migran, yang mengurus pemulangan Merry, di Palu kemarin.
Awalnya, Merry sama sekali tak dapat mengingat kejadian yang menimpanya. Hal ini membuat pihak Yayasan mengalami kesulitan memulangkan Merry ke kampung halamannya. Namun, setelah tiga bulan dirawat di rumah sakit jiwa, keadaannya membaik. Ia dapat memberi keterangan mengenai daerah asalnya hingga akhirnya dipulangkan.
Merry mengaku, selama berada di Malaysia, dia diperlakukan seperti hewan. Penganiayaan hampir tiap hari ia terima, baik oleh majikan tempatnya bekerja maupun pihak agen yang menjadi makelar pemberangkatannya. "Saya tiap hari dipukul," ujar Merry dengan wajah murung dan tatapan kosong.
Selama lima tahun bekerja, ia baru sekali menerima upah. Namun upah dan beberapa barang miliknya disita majikan karena ia dianggap tak bekerja maksimal. "Merry masih harus menjalani beberapa terapi untuk pemulihan," kata Vensesia, yang mendampinginya selama Merry dirawat.
Dalam sepekan terakhir, terjadi beberapa kasus kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia. Seorang tenaga kerja wanita ilegal asal Jombang, Mutanasiroh, dilaporkan hilang di Malaysia. Sementara itu, Tatik Yanuar, tenaga kerja wanita asal Malang, yang bekerja di Arab Saudi, disiksa selama 18 hari. Darlis | Sita PA



Leave a Reply

Blogger templates

Blogger news

Kareba Dopa NAVAI

Popular Posts

Facebook