Sabtu, 26 Februari 2011

Sekilas Pariwisata Sulawesi Tengah

0 comments
 
Tanjung Karang

Potensi Pariwisata Dan Amanat Rakyat

Dewasa ini pembangunan sektor pariwisata di Sulawesi Tengah sedang berbenah diri untuk menarik minat wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatwan asing. Obyek wisata andalan di Provinsi Sulawesi Tengah antara lain Pantai Tanjung Karang yang terletak 3 km barat daya dari kota Donggala dimana terdapat usaha Diving oleh Prince John Dive Resort, serta terdapat beberapa Cottage antara lain Harmony Cottage. Kunjungan wisatawan ke Tanjung Karang lebih di dominasi oleh wisatawan asal Jerman dan negara-negara eropa lainnya.

Selain Tanjung Karang yang menjadi andalan obyek wisata Sulawesi Tengah adalah Taman Nasional Lore Lindu yang merupakan paru paru dunia serta potensi mega biodiversity. Taman Nasional ini juga telah dikunjungi wisatawan asing yang tertarik akan benda benda cagar budaya seperti patung-patung megalith yang terdapat di Lembah Bada, Lembah Besoa dan Lembah Napu. Untuk mengakses ini wisatawan harus trekking 2 sampai 3 hari di Taman Nasional Lore Lindu. Selain trekking Taman Nasional ini juga merupakan area Pengamatan Burung yaitu wisata minat khusus yang sedang trendy sekarang oleh wisatwan asing yang senang membuat foto burung dan rekam suara burung serta video burung burung di Indonesia. Selain obyek tersebut juga yang merupakan andalan adalah Taman Nasional Bawah Laut Kepulauan Togian yang merupakan potensi Diving di Kabupaten Tojo Unauna.
Pengelolaan Potensi tersebut hendaknya diartikan sebagai amanat Rakyat untuk menciptakan pekerjaan serta pertumbuhan ekonomi rakyat kecil.

Dari ketiga obyek andalan tersebut masih perlu pembenahan yakni:

  1. Promosi Pariwisatanya perlu merubah sistem bukan hanya cara cara lama saja tetapi perlu ada terobosan-terobosan mendatangkan Tour Operator yang benar benar Tour Operator serta pendayagunaan Dunia Maya semaksimal mungkin. Disamping hal itu person promosi atau tim promosi harus benar-benar orang kompoten dibidangnya karena selama ini keputusan penunjukan tim itu hanya sebatas Keinginan Bos Saja dan bukan dilihat dari ability seseorang. Dalam hal ini perlu adanya pemanfaatan Badan Promosi Pariwisata Sulawesi Tengah yang ada di Kuta, Bali.
  2. Sosok Pimpinan Yang Benar Benar Mengutamakan Kepentingan Rakyat.
  3. Pendayagunaan Pramuwisata perlu dimanfaatkan dan diperlakukan sebagai benar benar mitra usaha pariwisata.
Demikian sekilas tulisan ini sebagai suatu informasi ataupun kritikan yang tujuannya untuk menciptakan kondisi pariwisata yang memiliki daya tarik serta menciptakan pertumbuhan ekonomi rakyat.


Wassalam,
Darwin Sumang, SH 

www.vacationindonesiatours.com
http://birdwatching2sulawesi.wordpress.com

Leave a Reply

Blogger templates

Blogger news

Kareba Dopa NAVAI

Popular Posts

Facebook