Sabtu, 26 Februari 2011

Hati-hati kalau ke Sulawesi Tengah!

0 comments
 
Penulis: IGN sawabi |
Rabu, 15 April 2009 | 08:28 WIB

ilustrasi
PALU, KOMPAS.com — Cuaca buruk dalam beberapa hari ke depan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng). Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara Palu Achadi SR di Palu, Rabu, mengatakan, hujan lebat dan gelombang laut agak tinggi dalam beberapa hari ke depan ini masih akan terjadi di wilayah Laut Sulawesi bagian utara.
  
Gelombang laut cukup tinggi berkisar dua sampai dua setengah meter terjadi di perairan Tolitoli dan Kabupaten Buol. Ia mengingatkan masyarakat, terutama para nelayan, untuk lebih berhati-hati.
  
"Kalau perlu hentikan dulu kegiatan penangkapan ikan di laut sebab ombak cukup besar," katanya.
  
Sementara itu, curah hujan meningkat di atas normal masih mengancam sejumlah wilayah Sulteng dalam beberapa hari ke depan ini, antara lain Poso, Morowali, Buol, Tolitoli, dan Kota Palu. Menurut dia, sungai-sungai di wilayah tersebut sangat memungkinkan meluap saat intensitas curah hujan tinggi sehingga perlu mendapat perhatian dari masyarakat, terutama yang bermukim di daerah-daerah aliran sungai (DAS).
  
Kondisi cuaca buruk yang melanda sejumlah wilayah di Sulteng saat ini masih dipengaruhi oleh daerah konvergensi dua masa tekanan udara yang berbeda di Benua Asia dan Australia. Selain itu, juga akibat adanya gangguan cuaca di sekitar Samudra Hindia. Hasil analisis dan foto satelit menunjukkan, sepanjang April 2009 ini kondisi cuaca buruk masih menghantui sejumlah wilayah di Sulteng.

Leave a Reply

Blogger templates

Blogger news

Kareba Dopa NAVAI

Popular Posts

Facebook